SMA N 1 Jetis Mengangkat Keunikan Gumuk Pasir Parangtritis

Mei 2019, SMA N 1 Jetis dinobatkan sebagai pemenang Lomba Perpustakaan Sekolah Tingkat SLTA di tingkat Provinsi. Lomba tersebut diselenggarakan oleh Dinas Perpustkakaan dan Arsip Daerah DIY bekerjasama dengan Perpustakaan Nasional RI. Penobatan sebagai pemenang, sekaligus membawa SMA N 1 Jetis untuk maju dalam lomba perpustakaan sekolah tingkat nasional mewakili Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Penilaian lomba perpustakaan nasional dilaksanakan tanggal 26 Juli 2019. Dewan juri yang dipilih dari tingkat nasional akan melakukan visitasi dan penilaian ke perpustakaan, sehingga SMA N 1 Jetis mempersiapkan betul agar mampu menjadi juara dalam Lomba Perpustakaan Sekolah tingkat nasional.

SMA N 1 Jetis Bantul menampilkan Gumuk Pasir dalam lomba perpustakaan nasional
Tim Juri Lomba Perpustakaan Nasional Mencoba Gumuk Pasir Parangtritis

Lomba perpustakaan sekolah tingkat nasional tidak hanya menilai kekayaan buku yang tersedia di sekolah, namun juga menilai potensi lokal yang diangkat oleh sekolah. SMA N 1 Jetis mengangkat berbagai keunikan-keunikan khas Bantul baik kebudayaannya maupun alamnya. Salah satu fokus keunikan yang diangkat yaitu mengenai keunikan gumuk pasir Parangtritis. Bekerjasama dengan Parangtritis Geomaritime Science Park (PGSP), SMA N 1 Jetis mendukung pelestarian gumuk pasir barchan Parangtritis melalui riset dan eduwisata di bidang Pendidikan. Komitmen tersebut tidak hanya sekedar komitmen karena setelah kerja sama disepakati banyak kegiatan SMA N 1 Jetis yang berhubungan dengan gumuk pasir dan PGSP.  Beberapa kegiatan yang diselenggarakan yaitu kunjungan ke Museum Gumuk Pasir di lingkungan PGSP, penelitian pemetaan mengenai gumuk pasir, pembuatan ekstrakulikuler peduli gumuk pasir dengan sebutan Barchan Ranger, masa pengenalan lingkungan sekolah dengan materi gumuk pasir, dan masih banyak lagi kegiatan yang dilaksanakan untuk mewujudkan komitmen tersebut.

Gumuk Pasir Parangtritis diulas Lomba Perpustakaan Nasional
SMA N 1 Jetis Mewakili DIY dalam Lomba Perpustakaan Nasional

Tepat di tanggal 26 Juni 2019, penilaian dan visitasi lomba perpustakaan sekolah tingkat nasional diselenggarakan di SMA N 1 Jetis. Dewan juri terlihat tertarik dengan konsep perpustakaan yang cukup milineal, sehingga terasa nyaman berjalan-jalan di setiap booth yang dipamerkan. Salah satu yang menari yaitu di booth gumuk pasir. SMA N 1 Jetis memasang gambar museum dan gumuk pasir yang bersanding begitu besar, sehingga menjadi area berfoto selfie para juri. Yang lain ada juga yang sedang bermain pasir membentuk tipe-tipe gumuk pasir yang dicontohkan dalam infografis.

Penilaian dan visitasi di SMA N 1 Jetis hanya dilakukan satu hari saja. Namun, harapannya kenyamanan perpustakaan dan sarana belajar di SMA N 1 Jetis tidak hanya karena akan ada penilaian namun terus berlanjut. Adanya lomba perpustakaan sekolah menjadi kesempatan besar bagi SMA N 1 Jetis untuk meningkatkan rasa cinta buku dan cinta ilmu pengetahuan pada siswa-siswa SMA N 1 Jetis.

 


Bernike Hendrastuti
Pendamping Kunjungan dan Promosi
Parangtritis Geomaritime Science Park
Badan Informasi Geospasial