Survei Kecepatan Angin dan Transport Pasir di Area Gumuk Pasir Parangtritis

Kamis, 30 Juni 2022 Parangtritis Geomaritime Science Park (PGSP) melakukan survei kecepatan angin dan transport material pasir. Kegiatan survei kecepatan angin dan transport material pasir ini diselenggarakan oleh PGSP dalam rangka monitoring kecepatan angin dan transport material pasir di kawasan Gumuk Pasir Parangtritis pada periode triwulan ke II kegiatan tahunan PGSP. Survei kecepatan angin dan transport material pasir ini digunakan untuk mengetahui dinamika kecepatan angin dan transport material pasir pada waktu 3 bulan sekali.

Kegiatan survei ini dilaksanakan oleh PGSP bersama enam mahasiswa magang di PGSP. Enam mahasiswa magang tersebut dua berasal dari Universitas Ahmad Dahlan yaitu Arfanda Dania Ramadhani dan Rismawati. Satu mahasiswa berasal dari Universitas Gadjah Mada yaitu Jiddiya Ahnaf. Sedangkan tiga mahasiswa lainnya berasal dari Universitas Brawijaya yaitu Novia Fara Diza, Pratiwi Nooraini dan Nabila Nuralya Az Zahra.

Survei kecepatan angin dan transport pasir ini merupakan pengalaman baru bagi ketiga mahasiswa magang walaupun demikian para mahasiswa memiliki semangat dan antusias tinggi dalam mengikuti rangkaian survei tersebut. Teknis pelaksanaan survei kecepatan angin dan transport pasir menggunakan alat penelitian berupa sand trap, alat ini digunakan untuk menangkap pasir yang tertiup angin. Sedangkan untuk mengukur kecepatan angin menggunakan alat bernama anemometer. Pengukuran kecepatan angin dan transport pasir dilakukan dalam interval setiap 1 jam.  Setiap pasir yang tertangkap dari sand trap dimasukkan ke dalam plastik sampel. Setiap sampel diberi nama sesuai dengan titik lokasi sampel dan jam pengukuran. Sampel-sampel tersebut kemudian ditimbang untuk dimodelkan.

Survei kecepatan angin dan transport pasir ini merupakan kegiatan lapangan kedua di tahun 2022, setelah survei kecepatan angin dan transport pasir pertama yang dilaksanakan pada periode triwulan pertama. Survei kecepatan angin dan transport pasir ini akan rutin dilaksanakan setiap triwulan pada kegiatan tahun PGSP. Hal ini dilakukan sebagai bagian dari monitoring Gumuk Pasir serta untuk dapat mengetahui dinamika Gumuk Pasir Parangtritis. Dengan adanya data kecepatan angin dan transport pasir secara berkala maka dapat dilakukan pemodelan di Gumuk Pasir sehingga kegiatan dinamika Gumuk Pasir dapat termonitoring dengan berkala.