Pembukaan Festival Perahu Naga Berlangsung Meriah !

Bantul (22/06/2019) Sedang berlangsung Festival Perahu Naga 2019 yang diadakan secara annual di Laguna Pantai Depok, Bantul. Pada kesempatan kali ini, peserta berjumlah 24 tim yaitu PODSI Banyumas, Gunung Kidul, Bantul A, Bantul B, Kota A, Kota B, Batang, Pati, Purworejo, Blora, Kulon Progo A, Kulon Progo B, Jangkar Muda, Dispora Balikpapan, Sakabahari Cilacap, Adi Raja Cilacap, AMY, SMK Sanden, Silugonggo Pati, Lanal DIY, SMK Putra Samudera, Dewa Ruci.

Event Festival Perahu Naga merupakan perlombaan tiap tahunnya di Bantul
Gambar 1. Para Peserta Festival Perahu Naga Berlomba Menjadi yang Tercepat

Festival Perahu Naga adalah festival yang bertujuan untuk memeriahkan tradisi masyarakat Tionghoa, yaitu perayaan Peh Cun. Peh Cun sendiri memiliki arti yaitu “mendayung perahu”. Festival Perahu naga merupakan ajang perlombaan mendayung perahu menyerupai naga dengan lintasan sepanjang 400 m di Laguna Pantai Depok, Bantul. Festival Perahu Naga ini dimulai dari babak penyisihan, yang dilaksanakan pada Sabtu, 22 Juni 2019 pada jam 09.30. Sedangkan untuk babak semifinal dan final dilaksanakan pada Minggu, 23 Juni 2019 pada jam 13:30. Acara ini dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul, Kwintarto Heru Prabowo, S. Sos. Tujuan dari event ini adalah untuk pembinaan generasi muda, mengembangkan bidang pariwisata, dan juga membina mental para peserta atlet dayung.

Festival Perahu Naga tahun 2019 diikuti banyak peserta dari luar DIY
Gambar 2. Kepala Dinas Pariwisata Bantul Membuka Rangkaian Acara Festival Perahu Naga

Menurut Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul, “Ajang ini diharapkan bukan hanya untuk event tahunan saja, namun diharapkan ajang ini menjadi salah satu kesempatan bagi para atlet dayung untuk lebih siap dalam ajang dayung lainnya termasuk lomba dayung internasional. Jika memungkinkan pada bulan Agustus akan diadakan festival Bupati Bantul Cup, yang mengundang kembali para atlit di sekitar DIY maupun di luar”.