Serunya Kemeriahan Final Festival Perahu Naga

Minggu (23/6/2019) adalah hari terakhir Festival Perahu Naga. Kegiatan dilaksanakan mulai dari jam 09.00 hingga 17.00. Rangkaian acara terdiri dari semifinal, kemudian atraksi kesenian pembukaan, atraksi kesenian, sambutan yang dilakukan oleh Kepala Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta, final, atraksi barongshai oleh Hoo Hap Hwee Taman Siswa Yogyakarta, tari tradisional, parade perahu hias yang terdiri dari 26 kapal milik nelayan, dan terakhir penyerahan hadiah. Dilaksanakan berbagai rangkaian ritual yang telah diadakan turun menurun. Adapun ritual tersebut terdiri doa, ritual bendera, ritual Peh Cun, ritual air, dan barongshai. Festival ini diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta, Pemerintah Kabupaten Bantul, dan JCACC, dan Podsi.

Festival Perahu Naga telah memasuki final race
Gambar 1. Sambutan Kepala Dinas Pariwisata DIY di Final Festival Perahu Naga

Adapun 6 tim yang menuju semifinal yaitu Dewa Ruci Cilacap, Padle Club Cilacap, Adiraja Cilacap, Dispora Balikpapan, Podsi Kulon Progo A, dan Podsi Pati. Race akan dibagi menjadi 2 waktu, yaitu grand final A dan grand final B. Grand final B dilakukan untuk memperebutkan juara harapan 1, harapan 2, dan harapan 3. Sedangkan grand final A dilakukan untuk memperebutkan juara 1, 2, dan 3.

Pembukaan Final Festival Perahu Naga dimulai dengan pertunjukan kesenian
Gambar 2. Kesenian Menyambut di Festival Perahu Naga

Pemenang dari perlombaan dayung pada Festival Perahu Naga yaitu Podsi Pati sebagai juara pertama, Podsi Kulon Progo A sebagai juara kedua, Dispora Balikpapan sebagai juara ketiga, Dewa Ruci Cilacap sebagai harapan satu, Adiraja Cilacap sebagai harapan dua, dan terakhir Padle Club Cilacap sebagai harapan tiga.

Festival Perahu Naga memasuki babak final
Gambar 3. Suasana Final Festival Perahu Naga